herdermssingkil

Ditulis oleh Ms Singkil on .

SATU.jpg

ms-singkil.go.id || 29 Oktober 2019

Mahkamah Syar'iyah Singkil Pada Hari ini Selasa Tanggal 29 Oktober 2019 Masehi bertepatan dengan tanggal 01 Rabiul Awal 1441 Hijriyah melaksanakan Pencangan Pembangunan Zona Integritas sebagai upaya mewujudkan Wilayah Bebas dari  Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi No. 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/Menuju WBBM yang dapat menjadi percontohan pada unik kerja /satuan lainnya.

Pelaksanaan Zona Integtiras di Mahkamah Syar'iyah Singkil sejalan dengan Peraturan Presiden No.10 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Pemerintah, yang mempunyai target utama yaitu peningkatan kafasitas akuntabilitas orgnisasi, Pemerintah yang bersih  KKN dan Peningkatan Pelayanan Publik.

 DUAAa.jpg

Penandatangan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Mahkamah Syar'iyah Singkil dihadiri oleh Bapak Bupati Aceh Singkil (Dulmusrid), Ketua DPRK Aceh Singkil (Hasanuddin Aritonang di wakili oleh wakil ketua DPRK Aceh Singkil (H.Amaliun) Kepala Kepolisian Resort Aceh Singkil (AKBP Andrianto Argamuda, SIK), Ketua Pengadilan Negeri Singkil, (H.Hamzah Sulaiman, SH) Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Singkil (Amrizal Tahar, SH di wakili oleh Kasi tindak pidana khsusus Delfiandi, SH), Dandim 0109 (Letkol. Inf.Syaifudin, S.Ag diwakili oleh  Letda A.Munaf), Ketua MPU Aceh Singkil (Adlimsyah, BA diwakili oleh Rafii Munte Ketua Komisi C MPU Aceh Singkil), Kakankemenag Aceh Singkil (Drs.H.Salihin.MA diwakili oleh Kepala Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Aceh Singkil Suhardiman, S.Ag,.MM) dan Pimpinan Bank Mandiri Syariah Kcp Rimo (Rahmad Anuari). Acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat  suci Al-Qur'an, Sholawat badar,menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI

 

TIGAA.jpg

dan dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar Bersama Zona Integritas Mahkamah Syar'iyah Singkil oleh seluruh Aparatur Mahkamah Syar'iyah Singkil dan Yel Yel bersama kemudian dilanjutkan dengan Tabuh Rabana oleh seluruh Forkopimda Aceh Singkil pertanda Zona Integritas Mahkamah Syar'iyah Singkil dimulai selanjutnya Penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas Mahkamah Syar'iyah Singkil oleh seluruh Forkopimda Aceh Singkil dan dilanjutkan dengan penyerahan PIN Zona Integritas Mahkmah Syar'iyah Singkil kepada seluruh unsur Forkopimda dan peyematan serentak seluruh Forkopimda dan Aparatur Mahkamah Syar'iyah Singkil dan dilanjutkan dengan foto bersama.

EMPAAT.jpg

LIMAA.jpg

ENAMM.jpg

Dalam kata sambutan Fauziati, S.Ag,.M.Ag  menyampaikan bahwa Zona Integritas tidak bisa terpisahkan dari Reformasi Birokrasi yang selama ini sudah berjalan di Mahkamah Syar'iyah Singkil kedua, pencanangan Zona Integritas adalah tahapan awal dari rangkaian panjang zona integritas yang akan kita lalui bersama, Ketiga Deklarasi bukan hanya sekedar Seremonial dan pernyataan saja tetapi harus benar -benar di jiwai dan di implementasikan oleh aparatur Mahkamah Syar'iyah Singkil.

TUJUHH.jpg


DELAPAAN.jpg

Selain itu atas nama pimpinan Fauziati, S.Ag,.M.Ag juga mengajak kepada keluarga besar Mahkamah Syar’iyah Singkil, mulai dari pimpinan, para hakim, sampai tenaga honorer bahwa Deklarasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) hanya langkah awal yang bersifat formal sehingga deklarasi ini harus diucapkan dengan sungguh-sungguh dan serius dengan lisan kita (iqroru bi al lisan). Karena deklarasi ini disaksikan oleh seluruh unsur pimpinan daerah yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, serta seluruh masyarakat Kabuapten Aceh Singkil.

Setelah deklarasi langkah selanjutnya adalah Internalisasi (tashdiq bi al qolbi). Pahami dengan sepenuh hati bahwa tugas kita di Mahkamah Syar’iyah Singkil adalah sebagai pelayan bagi masyarakat Kabuapten Aceh Singkil (khodimu al ummah) dalam bidang hukum perdata Islam dan hukum Jinayat. Dan yang terakhir adalah Realisasikan (takriru bi al af’al) nilai-nilai pelayanan yang sesuai standar akreditasi peradilan.

SEMBILAAN.jpg

Tanamkanlah dalam jiwa kita bahwa kita adalah pelayan yang baik bagi masyarakat, Mudahkanlah mereka dalam melakukan urusan yang berkaitan dengan tugas Mahkamah Syar’iyah Singkil, dan janganlah kita persulit mereka, hindarkan diri dari praktek korupsi (yassir wala tu’assir). Selanjutnya apabila ada masyarakat yang datang ke Mahkamah Syar’iyah Singkil, maka sapalah mereka dengan menanyakan apa keperluan mereka dengan sikap yang ramah, dan jangan buat mereka kebingunan ketika mereka datang ke Mahkamah Syar’iyah Singkil (bashiru wala tunaffiru).

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bupati Aceh Singkil, beliau menyampaikan bahwa pemberantasan korupsi harus dimulai dari diri sendiri dimulai dari yang termudah dan berkaitan dengan kegiatan pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Mahkamah Syar'iyah Singkil. Bapak Bupati menyampaikan agar Mahkamah Syar'iyah Singkil menjadi lebih berintegritas tinggi dalam melaksanakan Visi dan Misi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Terakhir acara ditutup dengan pembacaan Doa oleh Bapak Said Nurul Hadi, S.H.I., M.E.I (Hakim Mahkamah Syar'iyah Singkil).

 

Baca Juga Media Serambi & RRI

Mahkamah Syar'iyah Singkil Tanda Tangan Zona Integritas Bebas Korupsi

Tolak Korupsi, Mahkamah Syar’iyah Singkil Canangkan Zona Integritas WBK-WBBM