herdermssingkil

Desain tanpa judul

Dilihat: 0

Rabu, 07 April 2021, Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Singkil yang dipimpin oleh Bakhtiar, S.H.I, M.H.I selaku Ketua Majelis turun langsung ke lapangan untuk melaksanakan pemeriksaan setempat (descente) atas objek sengketa pada perkara Harta Bersama dengan nomor perkara 149/Pdt.G/2020/MS.Skl  . Tim yang terdiri dari Majelis Hakim yang beranggotakan Hakim Raja Asrul Azis, S.H.I dan Choirotun Nisa’, S.H.I didampingi oleh Panitera (M.Raihan, S.Ag, S.H, M.H) serta Jurusita (Sumarno) memeriksa beberapa objek sengketa yang berada di  Desa Gunung Lagan, Desa Suka Damai, dan Desa Pulo Sarok Kabupaten Aceh Singkil.

 WhatsApp Image 2021 04 07 at 19.18.31

Pemeriksaan Setempat atau descente adalah pemeriksaan mengenai perkara oleh Hakim karena jabatannya yang dilakukan di luar gedung tempat kedudukan pengadilan, agar Hakim dapat melihat sendiri serta memperoleh gambaran atau keterangan yang memberi kepastian tentang peristiwa-peristiwa yang menjadi sengketa. Berdasarkan ketentuan Pasal 153 HIR / Pasal 180 RBg disebutkan “apabila dianggap perlu, dapat dilakukan pemeriksaan setempat oleh hakim sebagai keterangan dalam mengambil keputusan. Oleh karenanya Pemeriksaan Setempat ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas dan pasti tentang objek sengketa dari letak, luas, batas - batas serta dari kualitas dan kuantitas objek dimaksud serta Untuk mencocokan bukti yang tertulis di persidangan dengan kondisi di tempat objek sengketa”.

 WhatsApp Image 2021 04 07 at 19.18.32

Tim Mahkamah Syar’iyah Singkil melakukan pemeriksaan fisik, keberadaan, kondisi dan legalitas objek yang diperkarakan. Objek yang diperiksa ada beberapa macam, objek bergerak dan tidak bergerak serta tersebar di tiga lokasi yaitu Desa Gunung Lagan, Desa Suka Damai, dan Desa Pulo Sarok. Pada pemeriksaan tersebut juga dihadiri oleh para pihak berperkara, kuasa hukum serta saksi dari para pihak dan kepala desa setempat.

 WhatsApp Image 2021 04 07 at 19.18.30

Semoga pemeriksaan setempat ini dapat menjadi pertimbangan Majelis Hakim dalam mengambil keputusan (red).